Beberapa Tips Menghemat Baterai HP Xiaomi

PULUK MEDIA - Baterai ialah salah satu bagian sangat berarti dari smartphone. Sebab, tanpa baterai smartphone semahal apapun tidak akan bisa digunakan. Nah, inilah kenapa berartinya menjaga kesehatan baterai pada smartphone.

Sampai disaat ini seluruh brand smartphone bersaing demi memberikan produk yang bermanfaat serta banyak diminati oleh para penggunanya. Perihal ini pula tidak jauh- jauh dari aspek baterai.

Dapat kita bayangkan bila kita mempunyai baterai yang sangat boros, serta kita sebagai owner hp tersebut menggunakannya nyaris tiap jam apalagi tiap detik pastinya ini sangat mengganggu.

Pada smartphone xiaomi, baterai yang dimiliki dari berbagai tipe seri xiaomi biasanya mempunyai kapasitas baterai yang telah mumpuni serta lebih besar dari pada vendor smartphone yang lain.  Itulah itu kenapa, sampai disaat ini pengguna MIUI ataupun xiaomi mencapai lebih dari 24 juta orang.

Sebenarnya banyak sekali aspek yang menimbulkan baterai cepat habis/ boros, cepat panas, selalu mati- mati, serta perkara yang lain terikat permasalahan baterai ini. 

Oleh karena itu, disini pulukmedia hendak membagikan solusi kepada mifans semua bagaimana teknik menghemat baterai xiaomi dengan trik yang sangat gampang serta telah teruji ampuh menjadikan baterai awet serta tahan lama sampai seharian. 

Mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini..

#Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Teknik yang awal kalian tidak perlu repot- repot untuk menginstall aplikasi pihak ketiga.
Sangat direkomendasikan buat kalian yang mempunyai storage atau ruang penyimpanan yang kecil dan kuota internet yang sedikit. Jadi, kalian dapat langsung mempraktekkannya langsung ke hp xiaomi kalian.

1. Update MIUI Ke Versi Terbaru
Meng- update ataupun memperbarui versi MIUI ke versi terbaru ialah salah satu menangani baterai yang boros sebab pada tiap versinya biasanya ada bug serta kekurangan dan kelebihannya masing- masing. 

Untuk itu dianjurkan untuk kalian yang telah memperoleh notifikasi pembaharuan MIUI terbaru silahkan di update terlebih dulu. Contohnya disaat ini MIUI 11 setelah itu update ke MIUI 12.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak sering digunakan
Dalam satu hp nyatanya mempunyai puluhan apalagi ratusan aplikasi yang terdiri dari aplikasi sistem, serta aplikasi pendukung yang lain. Jadi tidak heran jika kalian tidak begitu mengerti manfaat dari masing- masing aplikasi tersebut.

Mayoritas aplikasi pada smartphone juga salah satu aspek mengapa baterai cepat panas ataupun boros pada saat digunakan. Oleh sebab itu diharapkan untuk menghapus aplikasi yang tidak sering atau mungkin tidak pernah kalian pakai lagi.

Namun, jangan sampai salah hapus ya. Perhatikan kembali jika aplikasi tersebut bukan aplikasi dari sistem menghindari suatu yang tidak diinginkan.

3. Menonaktifkan Kecerahan Otomatis
Fitur kecerahan otomatis ataupun Auto Brightness ini memanglah sangat bermanfaat pada saat kita memakai smartphone di luar ruangan dengan sinar yang sangat cerah ataupun di dalam ruangan dengan cahaya yang gelap.

Ketika hp kita mendeteksi bahwa ada banyak cahaya yang masuk maka fitur ini akan bekerja mengurangi brightness yang ada. Demikian pula pada saat kita posisi di ruangan yang kurang cahaya maka brightness akan diperbesar secara otomatis.

Akan tetapi hal ini ternyata membuat baterai cepat habis mengingat fitur ini akan bekerja secara nonstop. Untuk itu bila kalian mau menghemat baterai xiaomi kalian silahkan nonaktifkan fitur yang satu ini.

4. Matikan GPS, Sinkron, Bluetooth, Wi- Fi
Sebenarnya bukan cuma GPS, Sinkron, Bluetooth dan WiFi saja yang wajib untuk kita matikan. Tapi hal yang perlu saja dan kita gunakan saat itulah yang hanya perlu kita hidupkan.

Jadi untuk fitur yang yang lain silahkan dimatikan terlebih dulu, Namun apabila sesuatu saat memerlukannya kalian dapat mengaktifkannya kembali.

Simpel, akan tetapi hal ini selalu diabaikan oleh para pengguna xiaomi. Terlebih sebagian aplikasi pula selalu meminta akses menghidupkan GPS yang kesimpulannya kita sendiri juga tidak sadar bahwa GPS pada hp kita lagi dinyalakan. Apabila ini dibiarkan terus- menerus maka wajar saja baterai hp kita bakal cepat habis.

5. Mode Hening
Mode Hening ataupun biasa diucap Silent Mode ini juga ternyata dapat membuat baterai hp kita jadi lebih tahan lama lho.. Kalian cukup mematikan suara pada notifikasi, alarm, media serta suara yang lain. Namun apabila kalian berada pada aktivitas penting yang mungkin saja akan banyak orang yang menghubungi nomor hp kalian. Metode ini mungkin bisa kalian abaikan..

6. Membersihkan Log Aplikasi
Apa itu log aplikasi? Log aplikasi merupakan catatan aplikasi yang saat itu sedang dijalankan pada hp kalian. Bila kalian memakai banyak aplikasi pada hari ini maka aplikasi tersebut masih akan ada pada log aplikasi. Untuk membersihkannya kalian cukup tap icon segitiga pada navigasi bar( berdekatan dengan menu home, dan back) smartphone kalian kemudian pilih Bersihkan.

7. Aktifkan Penghemat Baterai
Fitur Penghemat baterai pada hp xiaomi memanglah sangat bermanfaat dan telah terbukti kehandalannya buat menangani baterai agar senantiasa awet. Cara kerja fitur ini ialah:

➞ Membatasi Aktivitas Aplikasi sistem
➞ Membekukan aplikasi di latar belakang
➞ Membersihkan cache tiap kali perangkan dikunci

Untuk mengaktifkan fitur ini kalian dapat swipe ke bawah kemudian kalian akan menemukan icon Penghemat baterai. Bila tidak ketemu, Pergi ke Pengaturan kemudian pilih Baterai Performa.

8. Fitur Sleep Display
Nyatanya banyak para pengguna hp xiaomi yang belum mengenali fitur sleep display ini. Metode kerja fitur ini sendiri menonaktifkan smartphone pada waktu yang telah kita jadwalkan sendiri. Pastinya hal tersebut sangat berarti supaya baterai hp kita tetap hemat.

Untuk mengatur sleep display kalian dapat menjajaki metode berikut ini:
1. Masuk ke Pengaturan
2. Setelah itu Layar Kunci
3. pilih Tidur

Maka akan ada sebagian opsi waktu mulai dari 15 detik, 30 detik hingga Jangan pernah yang bisa kalian atur sendiri.

9. Membersihkan Cache
Cache pada smartphone pula sangat mempengaruhi kepada kinerja baterai hp xiaomi. Untuk itu sangat dianjurkan untuk membersihkannya secara teratur. Untuk kalian yang belum tau metode nya silahkan simak langkah- langkahnya di bawah ini:

1. Masuk ke Pengaturan
2. Kemudian Tentang Telepon
3. Pilih Penyimpanan
4. Dan Tap pada Data dalam cache

Akan timbul notifiaksi“ Hapus data dalam cache? Ini akan menghapus data cache untuk semua apl“. Pilih Oke.

10. Aplikasi Pembersih
Aplikasi yang telah disedikan para smartphone xiaomi yang lain merupakan Pembersih. Aplikasi Pembersih ini sangat berguna kita miliki sebab dapat membersihkan data yang tidak terpakai pada smartphone xiaomi kita.

Ada pula fitur pada aplikasi pembersih berikut ini:
➞ Membersihkan Berkas Cache
➞ Berkas tidak berguna
➞ Paket
➞ Sisa
➞ Memori

Jadi aplikasi ini akan menemukan file apa saja yang tidak berfungsi dan layak untuk kalian hapus. Dengan ini ruang penyimpanan bakal jadi lebih luas.

11. Charger OriginalTak kalah pentingnya charger yang kita pakai untuk smartphone kita sebaiknya original merek xiaomi. Sebab setiap charger mempunyai voltase, watt atau tegangan yang berbeda- beda. Bila kalian memilih charger yang salah hingga akan berdampak kurang baik ke hp xiaomi kalian. Jadi, pakailah charger sekaligur kabel data yang original bawaan xiaomi.

12. Kesehatan Baterai
Dan yang sangat penting tentunya kalian wajib memperhatikan kesehatan baterai hp xiaomi kalian. Kesehatan baterai jadi buruk karena berbagai macam sebab. Sebab yang kerap ditemukan merupakan umur pemakaian baterai. Tetapi tidak hanya itu metode pemakaian yang tidak tepat jua dapat memperparah keadaan baterai.

Jadi gunakanlah smartphone kita pada saat- saat berarti saja. Matikan daya bila tidak diperlukan, dan diharapkan untuk mengisi daya terlebih dahulu sebelum baterai habis total.

Demikianlah panduan bagaimana teknik menghemat baterai pada smartphone xiaomi tanpa memakai aplikasi. Bila sahabat memiliki kendala ataupun persoalan silahkan komentar di bawah. Mudah- mudahan berguna 

Comments